Pagiiii vilier.. hari ini saya mau coba bahas tentang VVT-i di mesin vili.

Apa sih sebenernya VVT-I itu??  VVT-i adalah singkatan dari variable valve timing with inteligence, teknologi ini dikembangkan oleh Toyota. VVT-i sering di salah artikan sama masyarakat sebagai teknologi injeksi, padahal jelas bukan... dari kepanjangannya aja udah keliatan tuh. Secara singkat VVT-i adalah pengaturan vintar untuk bka tutup valve atau klep mobil.


Konsep mesin VVT-I adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudi yang membuat konsumsi BBM semakin efisien dan menurunkan emisi bahan bakar serendah mungkin. Nah mantab kan teknologi Toyota ini.

Nah itulah kenapa mesin VVT-i bisaenghasilkan tenaga yg besar sekalipun cc silindernya kecil.

Cara kerja VVT-i cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup yg optimal ECU menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle dan temperatur air. Dan agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshft memberikan sinyal sebagai respon koneksi.


Sistem VVT-i akan terus mengoreksi valvr atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pada gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torai optimal di serial putaran dan beban mesin. Teknologi VVT-i juga memberikan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan loh...

Komentar

Postingan populer dari blog ini