Tanda-tanda Engine Mounting Rusak, dan Bagaimana Menggantinya?

Engine mounting merupakan part yang digunakan untuk menjaga keseimbangan mesin mobil atau dapat dibilang sebagai pegangan mesin ke chasis mobil. Mesin boleh saja bergoyang ketika berakselarasi maupun deselarasi tetapi bodi mobil seharusnya tetap senyap agar penumpang merasa nyaman. Karena berbahan dasar karet yang fleksibel namun tetap kokoh, engine mounting akan mengalami gejala kerusakan yang mengganggu kenyamanan berkemudi 
Tidak hanya masalah mesin yang bergoyang tidak karuan namun juga bisa merembet ke pipa knalpot pecah akibat tertindih mesin hingga as roda yang menjadi rusak. Engine mounting dikategorikan sebagai komponen slow moving dan bisa dibilang sangat jarang penggantian pegangan mesin ke sasis ini. Tentunya, tak semuanya minta tukar baru, jika diperhatikan penggantiannya seolah mempunyai giliran tersendiri.
Berikut adalah beberapa ciri atau tanda-tanda jika engine mounting minta diganti :
  1. Saat mesin distarter biasanya akan terdengar bunyi gluduk atau gludug jika karet engine mounting rusak atau karet engine mounting sudah sobek
  1. Saat melepas kopling setelah memasukkan gigi persneleng, ketika putaran mesin terhubung dengan beban, mesin akan mengayun dan terdengar bunyi yang khas dug-dug yang terdengar agak dalam.
  1. Ketika mobil jalan dan melewati jalan kasar dan terjadi ayunan pada mesin, bunyi dari engine mounting yang rusak akan terdengar.
  1. Saat lepas gas biasanya juga akan terdengar suara gludug dari ruang mesin dan ini tergantung dari seberapa parah tingkat kerusakan engine mounting tersebut.
  1. Jika engine mounting sobek dan terjadi pada mesin Avanza Xenia atau Terios contohnya yang berpenggerak roda belakang akan membuat mesin bergetar sangat keras saat mesin hidup.
Nah kalo sudah terasa ciri ciri tersebut yuk ah ganti, caranya mudah kok,
Pertama siapkan dongkrak dan kunci shock keudian gunakan dongkrak untuk menahan mesin supaya tidak jatuh, dan buka baut yg sudah di tandai merah, dan jng lupa ada satu baut letaknya di bawah, setelah dibuka semua..tarik deh, engine mountingnya...pasang deh yg barunya....mudah bukan...selamat mencoba, 




Sumber tamabahan: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1619345344751546&set=gm.1924767701086613&type=3&theater 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini